Senin, 06 Februari 2012


      PENULUHAN TENTANG NARKOBA 


Topik              : Narkotika
Maksud          : Penyuluhan Tentang Nerkoba
           
          
       Narkoba adalah sibgkatan dari narkotika, istilah lain adalah “NAPZA” (narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif). Dalam dunia medis obat tersebut digunakan untuk menolong pasien meringankan rasa sakit. Jika obat tersebut digunakan tanpa petunjuk medis, akan membahayakan tubuh dan jiwa pemakainya.
         Keinginan untuk mencoba narkoba akan menimbulkan kecanduan, obat-obatan tersebut akan meracuni darah penggunanya. Bila terjadi kecanduan tubuh pengguna akan meminta dosis lebeih. Jika pemakaian dihentikan secara tiba-tiba penguna
akan menderita secara fisik dan psikis (sakau) dan pengguna akan mengalami depresi berat, merasa gagal dalam mengaktualisasikan diri, tidak sabar, mutung, tertekan apatis, menarik diri dari pergaulan, bahkan merasa hidup tidak berarti lagi. Hal inilah yang membuat pengguna biasanya mengambil jalan pintas, seperti bunuh diri.
        Dampak penyalahgunaan nerkoba dapat merusak fisik, mental, dan, psikis dan juga memiliki dampak buruk terhadap kehidupan sosial pengguna  yang hanya bergaul dengan sesama pengguna saja. Aspak lain adalah aspek ekonomi, pengguna akan melakukan segala cara untuk dapat obat-obatan tersebut, misalnya dengan cara mencuri.
Bayak sekali masyarakat yang resah, sehingga pengguna akan dihina, dijauhi, bahkan dimusuhi.
          Orang yang suka menyalah gunakan nerkoba dalah orabg yang ingin lepas dari kenyataan hidupyang dianggapnya sebagai beban.
Dengan menjauhi nerkoba, berarti kita sayang kepada tubuh dan jiwa kita dan juga keluarga kita khususnya Orang Tua kita.
          Saya berharap teman-teman dapat memahami tulisan dari saya. Mudah-mudahan dapat dimengerti dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.
         Jangan sekali-kali kita mendekatkan diri kepada nerkoba. Karena, jika kita sudah terjerumus kedalam nerkoba, maka masa depan kita akan hancur dan mungkin sudah tidak berarti lagi.
         Demikian dari saya, mudah-mudahan menjadi manfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan kata-kata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar